Selasa, 19 Maret 2013

Fenomena Cemburu ( Jealousy )



Mengapa orang suka banget membuat cemburu orang lain?
Well, Well, mari kita membahas sedikit psikologi sederhana. Ada beberapa alasan, yang menurut ‘kesotoyan Adhel’ membuat cemburu orang lain itu memiliki kepuasan tersendiri. Seperti, kita berhasil membuat teman cemburu dengan hasil karya lukis kita, membuat saudara kita cemburu karena nilai ulangan kita lebih bagus, atau yang lebih ekstrim, membuat pacar cemburu saat kita sengaja dekat dekat dengan orang lain. Entah kepuasaan itu dirasakan oleh semua orang atau tidak, faktanya memang seperti itu. Ada sesuatu yang terlepas dari otak kita, yang bisa membuat kita lebih bahagia, lebih merasa menang, merasa lebih baik dibanding orang lain saat berhasil membuat mereka cemburu. Mungkin kepuasaan ini cenderung negatif bagi beberapa orang. Tapi percaya deh, jangan naif lah, kalo kamu berhasil membuat gebetan kamu cemburu, emangnya kamu nggak seneng?
Tapi sebenarnya membuat cemburu, baik untuk pihak yang melakukan atau yang ditujukan, sama sama gak baik. Maksudnya, buat pihak yang ditujukan. Kamu melihat gebetan kamu ketawa ketiwi sama cowok/cewek lain. Gimana perasaan kamu? Panas, jengkel, atau Marah? Apapun itu pasti nggak enak banget kan? Kalo buat pihak yang melakukan, mungkin kamu akan mendapat kepuasan tersendiri. Tapi pikirkan juga akibatnya. Sebagai contoh, kamu adalah pihak yang membuat cemburu gebetannya. Every single action has its own risk. Mungkin aja, efek sampingnya, gebetan kamu bakan sebel sama kamu dan menjauh. Atau sesuai dengan teori Karma, suatu saat kamu yang akan cemburu karena gebetan kamu deket deket sama orang lain. Nah, kamu bisa kelimpungan nanti.
Masalahnya, mungkin cemburu nggak bisa dihilangkan dari kebiasaan remaja Indonesia saat ini. Setiap harinya, aku liat ada aja kata cemburu menyelip diantara kejadian kejadian yang aku alami ataupun aku amati. Baik itu pihak yang melakukan, ataupun pihak yang ditijukan.
Si A suka sama si B. Si B tau si A suka sama dia.
B : Kamu udah bikin tugas ?
A : Udah, kamu ?
B : Belum, tolong bantuin lah
A : Yaudah sini, emang dari pagi ngapain aja ?
B : aku main sama si *****. Capek habisnya, jadinya belom ngerjain.
A : Oooh
B : Tapi rame loh, tadi aku sama dia main di sana...
Tau maksud akukan? Kalo nggak ngerti dialog diatas juga gapapa kok. Santai.
Cemburu juga bisa jadi alat buat seseorang mengukur seberapa besar cinta mereka buat orang tersebut ( ceilah ). Simpelnya, kalo orang yang ditijukan nyadar dan ngerespon, maka orang yang melakukan bakalan bikin persepsi, dia suka sama kita. Perhatian and everything like that. Tapi kalau responnya adem ayem aja, Cuma ada 2 pilihan. Tancap gas buat berjuang labih gigih, atau Mundur teratur.
Satu lagi nih, sebenernya, kalo kamu bisa menyikapi fenomena cemburu ini dengan cukup baik, kamu nggak akan kemakan hasutan setan kok. Cemburu itu indah lagi, tergantung point of view kita masing masing aja. Cara menyikapinya juga harus bijak. Cmburu itu bisa juga jadi tolak ukur seberpa sayang dan berharganya seseorang buat kita. Asal jangan kelewatan aja. Kalo kelewatan, jatohnya cemburu yang negatif dan pasti nggak baik buat kedua belah pihak.  Sedikit pesan, Buat remaja remaja unyu yang masih pada pdkt maupun yang udah pacaran, buat cemburunya jangan kelewatan yaa. Karena bisa bisa dianya gerah dan mundur, atau bahkan yang udah jadian bisa malah jadi putus. Waks.
Cherio!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar