Senin, 01 Juli 2013

Sekolahku tercinta, saking cintanya ingin kubakar gedungnya



Alasan aku bikin paper ini? Well aku Cuma mau mengeluarkan pendapat dan unek unek aku aja tentang buruknya sistem pendidikan di Indonesia.. haha

1)      Keluarkan kertas selambar, anak-anak! Kita akan ulangan hari ini
Hal sepele sih, tapi nyebelin. Coba bayangin aja. Kalo aku lihat tagihan tahunan yang harus aku bayar untuk sekolah, itu udah lebih dari cukup untuk membeli ‘kertas selembar buat ulangan’ untuk satu angkatan. Tapi kenapa kita masih harus merobek bagian tengah buku tulis kita masing masing? Buku yang harusnya dipake buat nyatet atau latihan yang lain, makin lama makin tipis kan jadi..
Yah, ini gak bisa dibilang sistem pendidikan Indonesia ya, cuman aku kesel aja gitu, setiap ulangan nyobek kertas, belom lagi kalo ada temen yang bilang ‘ eh, bagi kertas dong, punya aku udah tipis ‘...

2)      Kalau kalian tidak blablablabla, maka kalian tidak boleh ikut UN
Blablablabla disini tuh hal hal kayak, ikut acara sekolah, ikut kegiatan sekolah misalnya : LDKP,SECAPA,dll. Aturan kayak ginisih emang udah sewajibnya kita lakuin. Tapi coba aja ya, kalo pada saat itu, siswa yang bersangkutan sedang ada hal yang sangat mendadak dan harus dituntaskan, masa dia ga boleh ikut UN juga sih ? kan gak lucu?
Dan pikirin aja, kalo ada siswa yang ga ikut UN, maka ada siswa yang ga lulu UN. Kalo ada siswa yang gak lulus UN, maka sekolah itu yang akan menanggung akibatnya juga kan? Bisa aja cluster turun atau peminat turun-_-

3)      Pelajaran Kosong
Jangan anggap sepele pelajaran kosong. Apalagi kosongnya di Fisika. Jatah yang cuman 3 jam seminggu untuk belajar Fisika hangus gara gara tidak ada guru. Yah, mungkin masih bisa ditoleransi kalau gurunya sakait atau berhalangan, namun tetap berusaha mengejar materi di pertemuan berikutnya. Lah Kalau udah ngga masuk pas pertemuan sekarang, terus di pertemuan selanjutnya, tiba tiba ulangan? Kita tidak tahu apa materinya karna memang belum diajarkan, terus kita sudah disuruh ulangan? Heyheyhey....
Ada satu guru yang annoying banget (maaf kan) tapi emang bener kok. Guru ini tuh hobinya ngilang terus, paling sebulan itu Cuma ngajal 1-2 kali, sisanya entah kemana. Pas beliau masuk kelas, tiba tiba kita disuruh ulangan. Otomatis kita bilang dan protes kalau kita belum diajarkan materinya. Tapi beliau malah marah dan bilang
‘ Anak ibu itu, tidak perlu ibu ajarkan saja sudah mengerti sendiri. Harusnya kalian, tanpa ibu ajarkan juga sudah mengerti ‘
Pelis deh, kita sekolah buat apa kalo bukan buat DIAJARKAN. Kalau kita bisa belajar sendiri, kita juga gausah capek capek datang ke sekolah kan? Gausah keluar ongkos buat ke sekolah? Kualitas pengajar memang harus diperhatikan. Ckckck

4)      Murid selalu disalahkan
Apapun masalahnya, aku selalu ngerasa kalo murid bener bener powerless. Ga ada daya buat membela diri, (kecuali kalo mamah mamah kita udah turun tangan-_-)
Misalnya aja, kalo saat pelajaran olahraga, kita biasanya disuruh menuju lapangan dalam waktu 10 menit. Tapi, terkadang ada hal nggak terduga yang bikin kita ngaret datang ke lapangan. Bisa aja, pada pelajaran sebelumnya, ada ulangan, atau belnya mati atau apalah. Tapi tetep aja murid yang disalahin. Dibilang ‘kalian gak bisa ngehargain waktu lah’ atau ‘ kalian meremehkan guru’ –lah.

5)      Guru itu terkadang Subjektif
Ini point yang sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat sangat aku ga suka. Oke, silahkan hitung sendiri berapa kata sangat disana. Subjektif tuh, maksudnya, Terkadang ada aja guru yang memiliki ‘anak emas’ di kelasnya. Ini pengalaman yang bener bener bikin aku sakit hati. Oke sedikit cerita yah, hehe.
Jadi, waktu SD itu, aku termasuk golongan anak yang salalu mendapat nilai bagus. Maaf nyombong dikit haha._. aku ingat banget, saat itu aku masih kelas 4 sd. Wali kelas aku saat itu perempuan. Aku gaakan sebutin namanya. Entah kenapa, dan darimana, beliau selalu menaruh benci sama aku. Misalnya aja, aku lagi bengong,tiba tiba
‘ Hey, kamu! Kenapa kamu bengong? ‘
‘engga kenapa kenapa bu’ sambil menunduk
‘ Ibu bertanya sama kamu jangan menunduk begitu! Dasa Gobl*k ‘
Aku diam saja sambil ngeliatin si Ibu. Aku takut banget saat itu.
‘ Sok Pinter kamu ya, nggak memperhatikan Ibu ngajar. Mau jadi pahlawan? ‘
Hohohoho iya bu aku mau jadi wonder womeeeenn hahahaha. Tadinya aku pikir, kalo Guru itu marah memang seperti itu. Tapi kenyataannya beda, guru itu memperlakukan anak lain dengan cara yang beda. Tidak pernak dikata katai yang kasar seperti perlakuannya padaku.

Aku menulis paper ini dengan penuh emosi, jadi maaf ya kalau kalian jadi rada gimana gitu bacanya haha. Apalagi poin ke empat, it really hurts my pride haha._.
Ini pertama kalinya aku bikin paper dengan tema yang penuh dengan aura hitam hahaha

Well, Cherio!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar